10 Fakta menarik mengenai potensi otak

10 Fakta menarik mengenai potensi otak



Sekarang ini banyak bukti yang memberikan bahwa ingatan kita bukan sekedar jauh labih baik dibanding dengan yang kita prediksikan, tetapi dapat disebutkan prima. Kita saksikan sebagian temuan di bawah ini.

1. Mimpi
Beberapa orang punya mimpi bersua dengan kenalan, rekan, keluarga, serta kekasih mereka yang hampir sepanjang 20 atau 40 th. tak pernah bersua atau bahkan juga tak pernah mereka pikirkan. Tetapi dalam mimpi mereka, deskripsi yang nampak sangatlah prima, seluruhnya warna yang detail sama persis dengan kehidupan yang riil. Hal semacam ini menyatakan bahwa dalam salah satu sisi otak ada suatu area untuk menyimpan yang luas untuk beragam gambar serta jalinan yg tidak beralih gambar ini dapat di ambil kembali.


2. Ingatan Acak dengan cara Tiba-tiba
Dengan cara umum, kebanyakan orang mempunyai pengalaman yang terkait dengan saat serta mendadak mengingat kembali orang-oramg atau momen di saat lantas serta kehidupan mereka. Hal semacam ini kerapkali berlangsung umpamanya waktu anda berkunjung ke SD tempat dahulu anda sekolah. Satu sentuhan, bau, pandangan, atau nada dapat membawa kembali beragam pengalaman yang mungkin saja anda sangka sudah anda lupakan. Kekuatan panca indra untuk membuahkan kembali gambar-gambar dalam ingatan dengan cara prima, ditambah dengan kenyataan bahwa bau masakan atau nada dari lagu dapat membawa pikiran anda kembali ke saat lantas. Hal semacam ini memberikan bahwa bila ada ‘situasi pemicu’ yang lebih pas, jadi bakal banyak info yang bisa dihimpun kembali. Dari pengalaman-pengalaman seperti ini kita ketahui bahwa otak terus menaruh beberapa informasi itu.


3. Sang ‘S’ (Berbagishevsky) dari Rusia
Sebagian puluh th. waktu lalu seseorang wartawan muda Rusia, Shereshevsky (dalam The mind of Mnomonist oleh A. R. Luria dimaksud dengan nama ‘S’), ikuti suatu pertemuan editorial, serta dia yaitu hanya satu wartawan yg tidak bikin cacatan. Waktu dipaksa menuturkan, dia jadi bingung serta yang bikin heran beberapa wartwan lain yaitu bahwa dia betul-betul tak tahu kenapa mereka mesti bikin catatan. Penjelasan yang didapatkan yaitu bahwa nyatanya dia dapat mengingat apa sajakah yang disebutkan oleh si pembicara, jadi apa gunanya bikin catatan? Sesudah ditantang, ‘S’ pada akhirnya bersedia maju kadepan serta mengulang seluruhnya yang sudah disebutkan oleh si pembicara, kata untuk kata, kalimat untuk kalimat, serta bahkan juga suara suaranya. Sepanjang 30 th. setelah itu, dia di teliti oleh Alexander Luria, seseorang psikolog terpenting serta pakar perihal permasalahan ingatan di Rusia. Luria menyebutkan bahwa ‘S’ seutuhnya normal namum memliki ingatan yang prima. Luria juga menyampaikan bahwa ketika masih tetap kecil ‘S’ dengan cara tak berniat temukan prinsip-prinsip mnomonic yang setelah itu jadi sisi dari manfaat alamiahnya.


4. Uji coba Profesor Rosensweig
Profesor Mark Rosensweig, seseorang pakar psikologi serta neuropsikologi California, menggunakan saat bertahun-tahun untuk pelajari sel otak serta kekuatan menaruh darinya. Pada th. 1974, dia menyebutkan bahwa sekalipun kita di beri info baru tiap-tiap detik seumur hidup, separuh kemampuan penyimpanan otak kita saja belum seutuhnya terisi. Dia mengutamakan bahwa beberapa masalah ingatan tak ada hubungannya dengan kemampuan otak tetapi lebih terkait dengan perlakuan pada kemampuan yang tidak terbatas itu.


5. Uji coba profesor Penfield
Profesor Wilder Penfield dari Kanada beroleh penemuan perihal kemampuan ingtan manusia dengan cara tak berniat. ketika itu dia tengah menstimulasikan beberapa sel otak dengan beberapa elektroda kecil untuk temukan bagian-bagian otak yang mengakibatkan apilepsi.

Apa yang mengagetkannya yaitu ketika merangsang beberapa sel otak spesifik, pasien mendadak mengingat pengalaman-pengalaman di saat lantas. Beberapa pasien menyampaikan bahwa apa yang mereka ingat tidaklah deskripsi simpel tetapi seluruhnya segi dari pengalaman mereka, termasuk juga bau, nada, gerakan serta rasa. Pengalaman yang mereka ingat termasuk juga mulai sebagian jam saat sebelum dikerjakan kontrol hingga 40 th. pada awal mulanya.

Berkenaan dengan hal semacam ini, Penfield menyebutkan bahwa dalam semasing sel otak atau himpunan sel otak ada satu area untuk menyimpan info yang prima, apabila kita dapat temukan penyebab yang pas jadi kita dapat mengingat kembali semua momen yang sudah berlangsung.


6. Kekuatan Bikin pola dari Otak Anda
Profesor Pyotr Anokhin, murid Pavlov yang paling cerdas, menggunakan tahun-tahun terakhirnya menyelidiki kekuatan otak dalam bikin pola. Hasil temuan sangatlah bermakna untuk beberapa peneliti yang sudah pelajari perihal otak manusia. Ingatan manusia dicatat berbentuk pola-pola kecil, atau sirkuit elektro magnetik, yang dibuat oleh beberapa sel otak yang sama-sama terkait satu sama yang lain.

Anokhin pada awal mulanya sudah mengetahui bahwa otak terbagi dalam satu juta juta (1. 000. 000. 000. 000) sel otak, tetapi jumlah sel ini yang besar ini masih tetap cukup kecil apabila di banding dengan jumlah pola yang dapat di buat oleh otak. Dengan mengunakan mikroskop elektron serta coputer mutakhir, serta beroleh jumlah yang sangaat mengagumkan. Anokhim mengkalkulasi bahwa jumlah pola, atau ‘derajat kebebasan’, dari otak yaitu sedmikian besar hingga apabila ditulis berbentuk bilangan panjangnya dapat satu baris. Sedang apabila di catat berbentuk huruf panjangnya bakal kian lebih sepuluh 1/2 juta kilo mtr.. Dengan jumlah kemungkinan yang sekian besar, jadi otak dapat disebutkan seperti keyboard dimana beberapa ratus juta suara dapat dimainkan.

7. Pengalaman Mendekati Kematian
Beberapa orang lihat dengan terang gelembung-gelebung air permukaan kolam renang dari basic waktu tahu bahwa mereka bakal terbenam dua menit selanjutnya ; atau lihat lereng gunung yang bergerak capat waktu mereka jatuh ; atau rasakan datangnya suatu kereta barang seberat 10 ton serta menabrak mereka dengan kecepatan 60 mil per jam. Hal yang sama kerapkali dapat dipandang dari apa yang disebutkan oleh beberapa orang yang selamat dri momen seperti diatas. Di saat-saat ‘pertimbangan terakhir’ seperti itu, otak memperlambat semua suatu hal serta melukiskan kembali seluruhnya pengalaman yang dipunyai oleh orang yang berkaitan.

Waktu disuruh mengaku bahwa apa yang mereka alami hanya sebagian deskripsi perihal pengalaman utama, mereka bersikeras bahwa apa yang mereka alami semua deskripsi dari kehidupan mereka, termasuk juga beberapa hal yang sekalipun mereka lupakan hingga saat momen itu berlangsung. ‘Seluruh hidupku tergambar dihadapanku’ hampir jadi ungkapan klise yang mengikuti pengalaman-pengalaman mendekati kematian seperti ini. Kesamaan pengalaman seperti ini sekali lagi menunjukkan hebatnya kekuatan ingatan manusia.


8. Ingatan Fotografis
Ingatan fotografis yaitu satu fenomena spesial dimana orang dapat mengingat (biasaanya dalam periode waktu yang singkat) dengan cara prima serta pas apa yang mereka saksikan. Ingatan ini umumnya memudar, tetapi dapat sedemikian pas hingga sangat mungkin seorang (umpamanya sesudah lihat gambar yang diisi 1000 titik yang diletakkan dengan cara acak di suatu lembaran kertas) untuk mengambarkan kembali dengan prima. Hal semacam ini memberikan bahwa disamping kekuatan penyimpanan periode panjang, kita juga mempunyai kekuatan penyimpanan fotografis periode pendek. Di dalam soal ini dapat disebutkan anak-anak kerapkali mempunyai kekuatan ini juga sebagai sisi dari manfaat mental mereka, tetapi kita kurang melatihnya lantaran terlampau mengonsentrasikan pada logika serta bhs, bukanlah pada imajinasi serta kemampuan-kemampuan mental yang lain.


9. 1. 000 foto
Dalam uji coba yang dikerjakan belum lama ini, photo sebnyak 1. 000 buah dipertunjukkan satu per satu ke sebagian orang, semasing sepanjang seputar satu detik. Foto-foto itu lalu ditambah dengan 100 photo yang lain serta mereka disuruh untuk pilih foto-foto mana saja yang belum mereka saksikan pada awal mulanya. Kebanyakan orang, bagaimanapun keadaan ingatan yang mereka katakan, dapat mengetahui hmpir seluruhnya photo yang sudah mereka saksikan - serta dengan cara automatis juga yang belum mereka saksikan. Mereka memanglah tak mempu mngingat urutannya, tetapi mereka terang mengingat gambarnya - yang dalam soal ini adalah misal yang menyatakan bahwa ingatan manusia tambah baik dalam mengingat muka di banding dengan mengingat nama.


10. Tehnik Ingatan
Tehnik Ingatan atau mnomonigs yaitu suatu sistam ‘kode ingatan’ yang sangat mungkin individu untuk mengingat dengan cara prima apa sajakah yang mau meeka ingat kembali. Beragam uji coba yang sudah dikerjakan dengan memakai tehnik ini memberikan bahwa bila seorang beroleh nilai 9 dari 10 waktu menggunakn tehnik ini, jadi dia akan beroleh nilai 900 dari 1. 000, 9. 000 dari 10. 000, 900. 000 dari 1. 000. 000, dan sebagainya. Demikian pula, seorang yang beroleh nilai 10 akan beroleh nilai 1. 000. 000. tehnik ini dapat menolong dalam mempelajari serta pelajari kekuatan penyimpanan otak kita dengan cara fenomenal dan memakai kembali info apa sajakah yang kita butuhkan.

wdcfawqafwef